Welder

Welder DetechWelder atau juru las adalah pelaksana proses pengelasan untuk menyambung dua logam, alumunium atau material lainnya yang dapat dilakukan penyambungan dengan metode panas. Profesi juru las sering kali disepelekan oleh masyarakat umum, pahadal apabila ahli dalam bidang pengelasan gajinya bisa sangat tinggi. Karenanya welder yang sudah dapat dikatakan mahir akan mempunyai sertifikat hingga bisa menyebut welder tersebut adalah kompeten dalam mengelas. Terkadang di industri juga dapat melaksanakan sertifikasi sendiri guna memberi kompetensi kepada karyawannya.

Namun biasanya untuk sertifikasi di indonesia dilaksakan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP). Lembaga sertifikasi adalah wadah kompetensi di Indonesia yang mendapat lisensi dari (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Kebutuhan welder di indonesia semakin meningkat, kondisi seperti ini berbanding lurus dengan pembangunan di Indonesia juga semakin meningkat. Banyak project yang membutuhkan konstruksi logam hingga memerlukan proses pengelasan.

Gaji Welder.

Gaji seorang welder atau juru las sangat bervariasi mulai dari 4 hingga 10 juta per bulan, gaji dapat berubah jika kita sering lembur atau overtime. Bahkan di luar negeri gaji welder dapat mencapai 20 juta perbulan, ada juga welder di perusahaan pengeboran minyak yang digaji perjamnya 200$. Hal tersebut tergantung pada kemampuan dan jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh Welder tersebut.

Gaji Welder dengan kualifikasi khusus.

Underwater adalah Salah satu kualifikasi khusus welder atau dikenal dengan pengelasan bawah air. Underwater welding adalah proses pengeasan yang dilakukan di bawah air, umumnya laut. Welder ini merupakan tenaga spesialis khusus pengelasan basah yang banyak digunakan dalam maintenance dan perbaikan struktur kapal, konstruksi pipa air, konstruksi pipa minyak dan gas, konstruksi jembatan di atas air maupun konstruksi rig atau pengeboran lepas pantai.

Selama ini pekerjaan pengelasan bawah air ini masih banyak ditangani oleh tenaga kerja asing. Dikarenakan untuk ini belum banyak SDM profesional dari Indonesia untuk pengelasan bawah air. Padahal pekerjaan di bidang ini sangat banyak, karena Indonesia merupakan negara dengan wilayah sebagian besar terdiri dari perairan dan laut.

Perlu diketahui bahwa welder jenis Underwater memiliki potensi penghasilan yang sangat luar tinggi. Gaji yang diterima terhitung berdasarkan durasi jam yakni ketika 1 jam mereka dibayar 200US$ (Kisaran Rp 2.200.000,-). Jika dalam sehari bekerja dalam 8 jam itu artinya mendapatkan penghasilan Rp 16.000.000,- perhari. Dan apabila dikalikan 22 hari kerja saja dalam satu bulan maka seorang “welder” dapat menghasilkan Rp 352.000.000,- perbulan!

Gaji welder atau juru las untuk skala nasional sangat berbeda beda tergantung keahliannya. Penghasilan total mulai dari 3,5 juta sampai 10 juta dapat berubah tergantung jumlah lembur atau overtime. Rata-rata gaji Welder di Indonesia kurang lebih Rp 5.250.000,- (berdasarkan info dari https://id.indeed.com) Info gaji berasal dari 19 poin data yang dikumpulkan langsung dari karyawan, pengguna, dan lowongan di Indeed dalam kurun 24 bulan terakhir.

Gaji minimum berbeda beda untuk tiap wilayah yurisdiksi dan harus berkonsultansi langsung dengan perusahaan tersebut agar mengetahui jumlah gaji sebenarnya. Sedangkan di luar negeri penghasilan seorang welder dapat mencapai 20-30 juta per-bulan. Seorang welder senior dari Indonesia yang sudah berpengalaman di luar negeri, oleh Supriyadi, gaji welder yang diterimanya adalah sebesar 2.200 dollar AS, belum termasuk lembur.

Pekerjaan mengelas berfungsi di berbagai infrastruktur industri, dari turbin listrik hingga kilang minyak dan pipa tambang. Inilah yang membedakan welder dengan buruh migran lainnya, dengan keahliannya mengelas yang sulit, para welder punya harga jual luar biasa.

Pelatihan Welder :

Pelatihan PengelasanProgram Sertifikasi Welder

Sertifikasi Welder di Indonesia masih terbagi menjadi dua yaitu yang dirilis oleh Kemenaker dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Pelaksanaan sertifikasi umumnya dilaksanakan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang memiliki lisensi dari BNSP.

Program sertifikasi welder terdapat berbagai macam jenis sertifikat yaitu kelas welder dan juga posisi pengelasan yang diujikan saat proses sertifikasi, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sertifikat welder sebagai bukti bahwa seorang welder dikatakan kompeten/termpil sehingga mendapatkan gaji welder yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mempunyai sertifikat.
Berikut adalah kelompok sertifikasi welder yang banyak dilakukan:

Welder Kelas 1:

  • Plate: 1G, 2G, 3G, 4G
  • Pipe: 1G, 2G, 5G, 6G

Welder Kelas 2:

  • Plate: 1G, 2G, 3G, 4G
  • Pipe: 1G, 2G, 5G

Welder Kelas 3:

  • Plate: 1G, 2G
  • Pipe: 1G, 2G

Jenis Sertifikat Welder :

  • BNSP.
  • Migas.
  • Kemenaker.
  • International Institute of Welding (IIW) oleh Sertifikat International Welder.

Kualifikasi welder Kemenaker RI.

Sertifikasi Juru LasSetiap jenis pekerjaan pengelasaan harus dilakukan oleh welder yang memiliki kemampuan sesuai dengan kualifikasi kompetensi yang dipersyaratkan. Bukti kemampuan atau level ketrampilan seorang welder salah satunya adalah berupa sertifikat ahli las yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI). Sedangkan Welder digolongkan menjadi 3 kelas yaitu:

  • Welder kelas I.
    Adalah welder yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan las pada sambungan-sambungan yang mengalami tekanan. (overdruk). Welder kelas I merupakan level tertinggi Contoh pengaplikasiannya adalah badan silindris, dinding pipa-pipa sebagai penguat, penguat dinding, plendes sambungan pipa dan pipa bertekanan. Welder dengan kualifikasi ini diijinkan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh welder kelas I dan II.
  • Welder kelas II.
    Adalah welder yang diperbolehkan melaksanakan pekerjaan las pada tangan, penyangga, isolasi, bagian dari dapur pengapian ketel uap. Merupakan level menengah, dimana diperbolehkan melaksanakan pekerjaan yang dilakukan oleh welder kelas III namun dilarang melakukan pekerjaan welder kelas I.
  • Welder kelas III.
    Adalah welder dengan kelas terendah, pekerjaan yang boleh dilakukan adalah diantaranya melakukan pengelasan yang tidak menderita tekanan salat-salat bagian luar. Pekerjaan welder kelas I maupun kelas II tidak boleh dilakukan welder jenis III.

Kualifikasi welder Plate dan Pipe

Welder juga dibedakan berdasarkan jenis obyek pekerjaannya, pembagian obyek kualifikasi ini adalah dikenal dengan sebutan welder plate dan welder pipe.

  • Welder plate.
    Adalah welder yang diijinkan hanya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sambungan pelat. Namun pengertian diatas juga masih dibedakan berdasarkan posisi pengelasan dan ketebalan pelat yang disambung. Kelas tertinggi welder plate adalah ketika seorang welder mampu melakukan pekerjaan dengan posisi pengelasan 1G, 2G, 3G dan 4G dan seorang welder mampu melakukan pekerjaannya.
  • Welder pipe.
    Adalah juru las yang memiliki kemampuan khususnya pada pekerjaan sambungan pipa. Pengelasan pipa memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding pengelasan pelat. Posisi pengelasan dan ukuran diameter pipa yang disambung adalah penggolongan welder pipa. Kelas tertinggi welder pipe adalah posisi pengelasan 1G, 2G, 5G dan 6G dan ketika seorang welder mampu mengerjakannya.

Tempat Pelatihan dan Sertifikasi Welder :

PT Detech Profesional Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengujian material. Pelatihan Welder dan sertifikasi juru las. Jika Anda ingin mengikuti pelatihan dan sertifikasi welder oleh MIGAS, KEMNAKER, DNV GL dan BNSP Anda dapat menghubungi kami melalui telpon atau WA ke 085230666608.

Pelatihan yang kami lakukan sangat profesional karena peralatan kami lengkap dan ditangani langsung oleh profesional dan tenaga ahli yang sudah mengikuti kejuaraan di bidang pengelasan tingkat Nasional dan Internasional. Kami juga sudah melakukan pelatihan juru las yang diikuti oleh perusahaan Nasional dan Internasional.

Sumber:

20 thoughts on “Welder

  1. Daswan says:

    Untuk ijazah SMA/sderajat gmn untuk mendapat sertifikasinya … Sya sudah bekerja d bengkel las lbh dri 5 thn tp sy ingin tersertifikasi dan kerja d luar negri .?!!!

    • admin_detech says:

      Kalau memang sudah merasa kompeten bisa langsung sertifikasi pak, bisa di kami. Namun jika belum kompeten lebih baik mengikuti pelatihan terlebih dahulu agar nanti lebih besar untuk uji kompetensinya. Untuk kerja di luar negeri itu ada program tersendiri yang tentunya ada seleksi administrasi dan tes skillnya.

  2. Rizqy Gunawan says:

    Ijin n bertanya pak admin:
    Untuk sertifikat BNSP apakah di sertifikatnya hanya tertulis WELDER SMAW PLATE, WELDER SMAW PIPE, WELDER FCAW PLATE, WELDER FCAW PIPE dst.
    atau juga tercantum posisi pengelasan yg diujikannya, SEMISAL WELDER SMAW 3GPLATE atau WELDER 6G PIPE , WELDER FCAW 3G PLATE, WELDER FCAW 6G PIPE. dst.
    Karena saya pernah melihat sertifikat BNSP yg tertulis adalah hanya WELDER PLATE & yg satu lagi WELDER PIPE tanpa ada keterangan posisi yg di ujikan.

    Mohon Jawabanya.
    thank’s

  3. Robert danie says:

    Saya cuma tamatan sekalah dasar..
    Apakah saya bisa ikut dalam sekolah welding..
    Soalnya saya suka benar dengan profesi welding…

    • admin_detech says:

      Selamat Siang Pak Robert, iya pak semua bisa mengikuti pelatihan tentang welding. Kami juga mulai dasar pak, bisa WA atau telpon pak ke nomor ini 085230666608

  4. saifulloh says:

    apakah kalau setelah mendapatkan sertifikat disalurkan keperusahaan-perusahaan? dan berapa umur maksimal untuk mengikuti pelatihan?

    • admin_detech says:

      Jika rekan kami ada lowongan kami coba salurkan pak, untuk expired dari sertifikat ada beberapa aturan jika welder tidak mengelas selama beberapa bulan. Atau lebih rinci silahkan kontak di WA kami. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *