Tensile Test (Uji Tarik)

Tensile Test
  • Tujuan Pengujian

Pengujian tarik dilakukan untuk mengetahui kualitas dari sebuah material logam. Baik itu material mentah (Raw Material) atau material hasil pengelasan.  Dari pengujian ini, kita dapat mengetahui sifat-sifat material antara lain :

  • Nilai Kuat Tarik maksimum (Ultimate Tensile Strength)
  • Kekuatan Luluh material (Yield Strength)
  • Kemuluran material (Elongation)
  • Keuletan material (Ductility)
  • Definisi Nilai

Nilai Kuat Tarik Maksimum (Ultimate Tensile Strength) adalah Tegangan maksimum yang dapat ditahan material sesaat sebelum patah/putus Ketika material mendapat beban tarik. Kuat tarik diperoleh dari perhitungan Beban maksimum yang diteima material dibagi dengan luas penampang dari material.

Dimensi dari kuat tarik adalah Gaya per satuan luas, dalam Satuan Internasional (SI), digunakan Pascal (Pa) ekuivalen dengan Newton per meter persegi (N/m2). Dalam satuan imperial lain, dinyatakan dalam pound-gaya per inch persegi (lbf/in.2 atau psi) Kekuatan luluh (Yield Strength) adalah Tegangan yang dibutuhkan material untuk menghasilkan sedikit deformasi plastis.

Nilai ini merupakan titik awal sebuah logam mulai terdeformasi plastic. Dengan artian, jika material menerima beban dibawah nilai yield, maka material tersebut masih dalam fasa deformasi elastis. Kemuluran (Elongation) adalah kemampuan bertambah panjang secara plastis dibawah beban tarik hingga material putus/patah.

Elongation dinyatakan dalam persentase (%) dengan cara membandingkan pertambahan panjang setelah diuji dengan Panjang awal sebelum diuji. Keuletan (Ductility) adalah kemampuan bahan untuk mengalami peregangan dibawah beban tarik sebelum menjadi putus/patah. Keuletan dapat dievaluasi dari bentuk patahan dan bentuk kurva tegangan-regangan dari pengujian tarik.

  • Alat Uji
  • Standard Method
  • Scope material

Pada Laboratarorium Uji Bahan PT Detech Profesional Indonesia, Pengujian tarik dilaksanakan menggunakan alat uji Universal Testing Machine (UTM) dengan kemampuan pembebanan hingga 500 kN. Lingkup pengujian yang dapat kami kerjakan, berdasarkan metode ASTM A370, ASTM E8 dengan mengacu pada standard produk antara lain ASME Sect. IX, AWS D1.1, AWD D1.2, AWS D1.6, AWS B4.0, API 1104, API 5L dan standard acuan serupa lainnya. Lingkup material yang dapat kami uji, adalah material Logam seperti  Baja karbon, Stainless, Tembaga, Kuningnan, Aluminum dan logam lainnya.