Charpy Impact Test

Charpy Impact Test, juga dikenal sebagai tes V-notch Charpy, adalah tinggi standar regangan-tingkat tes yang menentukan jumlah energi yang diserap oleh material selama fraktur. Ini energi yang diserap adalah ukuran ketangguhan takik bahan tertentu dan bertindak sebagai alat untuk belajar bergantung pada suhu transisi. Hal ini banyak digunakan pada industri, karena mudah untuk mempersiapkan dan melakukan dan hasilnya dapat diperoleh dengan cepat dan murah.

Material Testing Machine

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

Charpy impact projector

Pada saat ini, Charpy Impact Test digunakan di banyak industri untuk pengujian bahan yang digunakan dalam pembangunan kapal tekanan dan jembatan dan untuk menentukan bagaimana badai akan mempengaruhi bahan yang digunakan di dalamnya. Alat untuk pegujian Charpy Impact tersebut adalah Charpy Impact Tester atau Charpy Impact Testing Machine.

Material Testing Machine

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

Hardness Test

Kekerasan (Hardness) adalah salah satu sifat mekanik (Mechanical properties) dari suatu material. Kekerasan suatu material harus diketahui khususnya untuk material yang dalam penggunaanya akan mangalami pergesekan (frictional force) dan deformasi plastis. Deformasi plastis sendiri suatu keadaan dari suatu material ketika material tersebut diberikan gaya maka struktur mikro dari material tersebut sudah tidak bisa kembali ke bentuk asal artinya material tersebuttidak dapat kembali ke bentuknya semula. Lebih ringkasnya kekerasan didefinisikan sebagai kemampuan suatu material untuk menahan beban identasi atau penetrasi (penekanan).