Macam macam Jangka dan Fungsinya

Jangka merupakan salah satu peralatan menggambar yang mulai diperkenalkan di tingkat SD atau sekolah dasar. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu ada banyak macam macam jangka dan fungsinya. Jangka memang sudah populer dengan fungsinya untuk menggambar lingkaran atau busur lingkaran agar terlihat rapi.

Jangka Sorong

Perlu diketahui bahwa, alat ini tidak dapat memberikan ukuran beraneka ragam, sehingga ukuran dari gambar yang dibuat dapat diukur menggunakan peralatan lain seperti penggaris, dan lain sebagainya. Umumnya jangka dibuat dari besi yang memiliki dua bagian yang terhubung oleh engsel sehingga bisa diatur pembukaannya. Salah satu bagiannya memiliki jarum di ujungnya dan pensil atau pena di bagian lain.

Macam-macam Jangka dan Fungsinya

Ada banyak macam macam jangka dan fungsinya yang disesuaikan dengan kebutuhan pada saat proses menggambar. Bagi Anda yang belum tahu mengenai hal itu, Anda bisa menyimak poin-poin berikut ini:

  • Jangka tusuk.
    Terdapat sepasang kaki berujung lancip. Saat tertutup, ke dua ujung kaki akan berimpit dan memiliki panjang yang sama. Dengan memutar mur penyetel maka jarak bukaan kaki dapat diatur sesuai ukuran yang Anda mau. Nah, untuk menentukan ukuran bukaan kaki pada jangka, Anda membutuhkan alat ukur panjang seperti penggaris.
    Fungsi jangka ini yaitu untuk membuat atau menggambar lingkaran, mengukur suatu jarak, membagi lingkaran, membagi jarak agar menjadi sama panjang, dan menggambar sudut.
  • Jangka bengkok.
    Memiliki sepasang kaki berbentuk melengkung dengan radius yang sama. Hasil ukuran harus dikonversikan dengan alat ukur seperti penggaris, meteran, atau siku-siku.
    Fungsi jangka ini yaitu untuk mengukur tebal, lebar, panjang, dan diameter suatu benda bulat secara kasar. Jangka ini sering digunakan karena mudah dalam penggunaannya atau cara mengaturnya.
  • Jangka Kaki.
    Memiliki bentuk kaki yang menghadap keluar. Hasil pengukuran yang diperoleh merupakan ukuran kasar. Kedua kakinya akan mengeper saat menyentuh bidang yang diukur, sehingga perlu banyak berlatih untuk menggunakannya agar meningkatkan kepekaan perasaan jari-jari.
    Jangka ini jarang digunakan karena memerlukan kepekaan perasaan saat memutar mur, lalu banyak alat lain yang lebih praktis. Namun bagi yang terampil, alat ini akan menjadi berharga dan berguna. Fungsi jangka ini yaitu untuk mengukur diameter lubang dan jarak sesuatu celah.
  • Jangka sorong.
    Ada dua bagian yaitu badan dan rahang yang dilengkapi dengan baut pengencang guna mengunci setelah pengukuran. Anda juga bisa menemukan beberapa model jangka sorong dengan jam ukur atau penunjuk ukuran digital. Jangka ini dibuat dari baja tahan karat dengan ketelitian sangat tinggi. Biasanya digunakan pada industri seperti pabrik mobil, pesawat, dan sering juga digunakan di bengkel mesin.
    Fungsi jangka ini yaitu untuk mengukur benda dengan panjang sampai dengan 200 mm dan memiliki tingkat ketelitian 0,05 mm, mengukur panjang menggunakan rahangnya, kedalaman menggunakan ekornya, serta lebar celah menggunakan sensor bagian atas.
  • Pemola.
    Terbuat dari logam dan memiliki dua jenis yaitu Pemola tunggal dan Pemola ganda. Alat ini sering digunakan dalam pembuatan ukiran dalam jumlah besar. Biasanya digunakan industri mebel dan dipakai pada pekerjaan seri.
    Fungsi alat ini yaitu untuk mengukur benda dengan panjang dan tebal sama, mengecek panjang atau bentuk sebuah benda, tidak lupa juga untuk mengecek jarak lubang dowel pada benda dengan pemola ganda.

Baca juga : Alat Ukur Massa beserta Satuannya lengkap

Macam-macam Jangka berdasarkan Ukurannya

Mungkin sebagian besar dari Anda hanya mengetahui ukuran jangka pada umumnya sama saja, hanya beda besar kecilnya saja. Namun, sebenarnya ada klasifikasi jangka berdasarkan ukurannya sendiri, berikut adalah klasifikasinya.

  • Jangka Besar.
    Merupakan salah satu jenis jangka yang dapat digunakan untuk menggambar lingkaran berdiameter sebesar 100 mm hingga 200 mm.
  • Jangka Sedang.
    Salah satu jenis jangka yang dapat digunakan untuk menggambar lingkaran berdiameter sebesar 20 mm atau 50 mm hingga 100 mm.
  • Jangka Kecil.
    Jenis jangka yang dapat digunakan untuk menggambar lingkaran berdiameter sebesar 5 mm hingga 30 mm atau 50 mm.
  • •Jangka Orleon
    Adalah salah satu jenis jangka yang dapat digunakan untuk menggambar lingkaran berdiameter sebesar 1 mm hingga 5 mm.

Jangka dapat menentukan hasil kerja yang Anda lakukan. Bila hasil pengukuran saat menggunakan jangka tidak akuran, maka hal tersebut dapat menimbulkan kerugian yang mungkin akan menguras banyak biaya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu berhati-hati dalam penggunaan alat ini, baik dari cara penggunaan serta cara penyimpanannya.

Baca juga : Fungsi Universal Testing Machine

Sedikit tips untuk cara penyimpanan, sebaiknya hindari menyimpan jangka di tempat lembap karena bisa menyebabkan karatan. Hindari juga menyimpan jangka di tempat yang terpapar panas terlalu lama. Kondisi dingin dan panas akan membuat perubahan kondisi dari jangka. Sekian informasi singkat tentang macam macam jangka dan fungsinya, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *