Flattening Test (Uji Perataan)

Flatening Test

Flattening test dilakukan pada specimen yang diambil dari potongan produk tubular, pipa atau tubing, dan dilakukan dengan perataan specimen pada alat penekan antara pelat parallel dan diratakan dengan proses kerja dingin (cold work). Terdapat dua tahap pengujian pada proses uji flattening. Tahap pertama dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keuletan (ductility) dari material, dengan cara menekan spesimen uji hingga jarak antar plat penekan mencapai jarak tertentu ( Jarak didapat melalui perhitungan rumus). Pengujian tahap kedua, dilakukan untuk menhgetahui Soundness material, dengan melanjutkan penekanan hingga pipa rusak atau sisi pipa yg berlawanan bertemu / pipa dalam keadaan rata.

  • Alat Uji

Laboratorium PT Detech Profesional Indonesia menggunakan alat uji Universal Testing Machine (UTM) dengan kapasitas pembebanan hingga 500 kN untuk melakukan Flattening Test.

  • Standard Method

Lingkup pengujian yang dapat kami kerjakan, berdasarkan metode ASTM A370 dan ASTM A530 dengan mengacu pada standard produk API 5L atau standard acuan serupa lainnya.